Kamis, 27 Juni 2013


Kue Bingka Ubi


Kue bingka ubi adalah salah satu kue tradisional khas melayu. Bahan utamanya adalah ubi kayu yang banyak terdapat diseluruh Nusantara. Kue tradional ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di Malaysia, Singapura dan juga etnis melayu. Kue ini memilki cita rasa manis, lembut dan berlemak karena mengandung santan. Dalam bahasa Inggris, kue ini dikenal dengan nama “ Baked cassava cake”. Kue bingka ubi ini juga biasa dikenal dengan bingka singkong. Kue bingka ubi ini cocock untuk makanan ringan pengisi waktu santai bersama keluarga sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat di sore hari.

Bahan:
800 gr ubi kayu parut, diambil dari 1 kg ubi kayu
220gr gula pasir
300ml santan (dari 1 buah kelapa, parut, peras santanyya kemudian dimasak baru diambil santannya sebanyak 300kl)
4 butir telur, 3 butir diambil kuningnya saja, kocok lepas
Minyak sayur atau margarin secukupnya
Garang secukupnya
Vanilli secukupnya
Pewarna kuning makanan

Cara membuat:
1.     Panaskan ubi kayu, kupas kulitnya, cuci sampai bersih, lalu dipotong- potong. Setelah itu, parut, buang serat bagian tengahnya. Timbang, untuk diambil 800gr
2.    Saring dan peras singkong parut pada saringan yang berlubang halus. Letakkan air perasannya dalam mangkok kecil dan sisihkan singkong parut tersebut.
3.    Diamkan air perasan singkong kira- kira 10- 15 menit dan perlahan- lahan buang air pada bagian permukaannya, sahingga yang tersisa mengendap hanya pati singkong di bagian bawah mangkok. Air perasan singkong ini dibuang agar tidak menimbulkan rasa pahit pada kue.
4.    Campurkan singkong, pati, gula, santan, telur kocok, garam, vanili dan pewarna dalam satu wadah sampai berbentuk adonan
5.    Olesi loyang bundar atau persegi  16 cm dengan minyak sayur atau margarin. Tuangkan adonan, ratakan permukaan dengan sendok, lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180c selama +/- 45 menit – 1 jam sampai permukaan kue berwarna coklat keemasan/ kekuningan.
6.    Dinginkan, potong kue sesuai selera, sajikan J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar